EDUKASI

Inovasi Pembayaran BI: QRIS Tap Berbasis NFC

todayAugust 5, 2024 2

Background
share close

Bank Indonesia (BI) mengumumkan pengembangan alat pembayaran QRIS Tap berbasis Near Field Communication (NFC) sebagai bagian dari upaya untuk mempercepat ekonomi digital nasional. Menurut keterangan resmi pada Jumat (2/8/2024), BI menggabungkan teknologi messaging standar QRIS dengan interface NFC.

“Inovasi pembayaran ini dirancang untuk memfasilitasi kebutuhan transaksi cepat dan massal di berbagai sektor, seperti transportasi dan ritel, dengan efisiensi dan keamanan tinggi,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta Convention Center (JCC) pada hari yang sama.

Perry menambahkan bahwa fitur ini menawarkan fleksibilitas dengan mendukung berbagai sumber dana dan kanal pembayaran. Inovasi ini juga diimplementasikan melalui kerjasama dengan Kementerian/Lembaga dan pelaku industri.

Pengembangan ini diumumkan bersamaan dengan peluncuran Kartu Kredit Indonesia (KKI) Segmen Pemerintah Fitur Online Payment dengan Virtual Card Tokenization. Peluncuran dilakukan oleh Perry Warjiyo, yang juga menjelaskan visi dan inisiatif dalam Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2030, di acara Karya Kreatif Indonesia (KKI) dan Festival Ekonomi dan Keuangan Digital (FEKDI) 2024.

Peresmian ini juga dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Odo Manuhutu, Plt. Deputi Bidang Transformasi Pengadaan Digital LKPP Patria Susantosa, dan Ketua Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia Santoso Liem.

Inovasi ini merupakan pengembangan dari fitur KKI yang sudah ada, yaitu QRIS dan Kartu Fisik, di mana seluruh pemrosesan transaksi dilakukan secara domestik. KKI segmen pemerintah fitur QRIS merupakan solusi cepat untuk bertransaksi di lebih dari 30 juta merchant, mayoritas UMKM.

Untuk memfasilitasi transaksi pemerintah bernilai besar, dikembangkan fitur kartu fisik yang dapat digunakan di seluruh Electronic Data Capture (EDC) milik Penyedia Jasa Pembayaran (PJP). Implementasi fitur baru ini mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan memfasilitasi kebutuhan pemerintah dalam bertransaksi melalui platform online di berbagai mitra marketplace atau e-commerce pemerintah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dengerin UNISI 104.5 FM di manapun, via www.UnisiFM.com.

Follow sosmed @UnisiFM.

Hubungi kami
WA 0817-234-1045.
Tlp 0274 540258.

Radio terbaik Jogja. Radio yang paling hit di Jogja. Radio Favorit Jogja. Radio nomor satu di Jogja. Radio anak muda di Jogja. Radio top 40 Jogja.

Sumber : https://finansial.bisnis.com/read/20240802/90/1787726/bi-kembangkan-fitur-qris-nfc-mau-bayar-tinggal-tap-pakai-hp 

Written by: Achal

Rate it

Previous post

News

Juara Tenis Olimpiade Paris 2024, Penantian Djokovic Cetak Golden Slam Telah Usai

Novak Djokovic mendapatkan medali emas Olimpiade Paris 2024 dan menjadi kepingan terakhir untuk melengkapi Golden Slam.  Di usianya yang sudah berkepala tiga, Djokovic tetap menampilkan antusiasmenya dalam meraih medali emas tenis tunggal putra melawan Carlos Alcaraz. Posisi berbalik pada set kedua. Djokovic selalu tertinggal satu poin dalam posisi mengejar angka Alcaraz. Seperti pada set pertama, Djokovic tampil baik ketika tie break dan memastikan emas pertama dalam Olimpiade. Skor yang Ia […]

todayAugust 5, 2024 4

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0%