Events

Dikunjungi Lebih dari 80.000 Orang, FKY 2024 Segera Berakhir

todayOctober 18, 2024 2

Background
share close

Festival Kebudayaan Yogyakarta 2024 “Umpak Buka” di Lapangan Bawuran, Bantul, segera berakhir. Riuh, padat, di bawah terik menyengat, tidak menyurutkan antusias warga Bantul dan Yogyakarta dengan total 80.000 lebih untuk menjadi bagian dari peristiwa kebendaan selama berlangsungnya FKY 2024. Penutupan ini bukan berarti disudahi, karena tahun depan FKY masih berlanjut dengan roadmap tematik; Adat Istiadat, Bahasa, dan Nilai-nilai Budaya. Keberlanjutan FKY berupaya mengiringi dinamika masyarakat Yogyakarta, sehingga FKY tidak hanya dijalankan bahkan dimiliki oleh sebagian kalangan melainkan kepunyaan dari seluruh masyarakat Yogyakarta.

Berakhirnya berbagai program utama menjadikan FKY 2024 mengguratkan jejak langkah dalam penjelajahan jagad benda di Bantul. Program Jelajah Budaya dengan ketiga sub-programnya telah berhasil melakukan pencatatan istilah warga melalui Telusur Tutur, mengaktivasi benda dan situs-situs bersejarah bersama barisan pramuka dalam Paramuka, serta mempelajari pengetahuan dan pembuatan benda pada kelas Lokakarya. FKY Rembug berhasil menziarahi keilmuan tokoh-tokoh penting yang memiliki ikatan dengan Pleret, menciptakan ruang diskusi kritis serta inklusif, dan menempatkan pelaku-pelaku benda dalam masyarakat sebagai tokoh vital. Pasaraya Benda sudah menghadirkan benda pada aktivitas transaksi, memberikan kontribusi ekonomi masyarakat. Pawon Hajat Khasiat senantiasa menyuguhkan hidangan lezat dari khazanah lokalitas warga Bantul untuk mengisi perut seluruh pengunjung FKY 2024. Masih banyak lagi program dan hasil FKY 2024 yang dapat lengkap dilihat di fky.id.

Selama 9 hari berlangsung FKY 2024 sudah menjalankan 32 program, keterlibatan pelaku seni dan kebudayaan di dalamnya mencapai 2.017 orang. Pada saat pembukaan FKY 2024 sebelumnya, Dian Lakshmi Pratiwi, SS. M.A (Kepala Dinas Kebudayaan DIY) sempat berujar bahwa FKY memiliki dampak ekonomi masyarakat yang nyata. Hal tersebut terjawab melalui data pemasukan dari keseluruhan aktivitas ekonomi FKY 2024 mencapai Rp324.937.475 (Tiga Ratus Dua Puluh Empat Juta Sembilan Ratus Tiga Puluh Tujuh Ribu Empat Ratus Tujuh Puluh Lima Rupiah). Menariknya lagi, FKY 2024 berhasil menciptakan lingkungan bersih selama berlangsung. Total Sampah 189.115 Kg lebih dikumpulkan oleh tim kebersihan FKY 2024 guna dikelola secara mandiri. Maka begitu FKY juga dapat menjadi representasi bahkan contoh dari usaha pengelolaan sampah di Yogyakarta.
Geliat benda sebagai kebudayaan dalam tema “Umpak Buka” FKY 2024 sukses menciptakan perhatian tersendiri. Narasi-narasi tentang kebendaan selama kegiatan FKY 2024 gencar mengudara melalui berbagai postingan di sosial media menjangkau sebanyak 2.200.000 pemirsa. Laman fky.id bahkan dikunjungi oleh berbagai kalangan netizen luar negeri mulai dari, United States, Singapore, Belanda, China, Jepang, Norway, Cambodia, Canada, Germany, United Kingdom, Australia, France, Italy, dan masih banyak lagi. Dengan total pengunjung website mencapai 18.819 netizen. Data ini memperlihatkan bahwa FKY 2024 tidak hanya diikuti secara antusias di lapangan melainkan juga di sosial media.

FKY 2024 akan ditutup di Lapangan Bawuran, Tegalrejo, Kalurahan Bawuran, Kapanewon Pleret, Kab. Bantul, DIY, pada 18 Oktober 2024. Banyak penampilan menarik dipentaskan di Panggung FKY 2024 dari siang sampai malam mengisi penutupan. Para penampil di penutupan didukung oleh Disbud Bantul, mereka adalah, Pentas Kesenian Jathilan (Fasilitas Komunitas Seni), Pentas Kesenian Reog Wayang, Tari & Gamelan Anak-anak, Pentas Kesenian Sendratari “Prabawangi Prabasa Jenggala”, Pentas Kesenian Tari Garapan “Bandung Bondowoso”, Kesenian Musik Kontemporer Plentong Konslet, Flashmob Jathilan Diponegoro, Kesenian Tari Fire Dance Sanggar Flownesia, TTM Akustik, dan Shaggydog. Info lebih lanjut mengenai informasi terkait dapat dibaca di fky.id.

Penutupan Festival Kebudayaan Yogyakarta 2024 “Umpak Buka”
18 Oktober 2024
13:30 WIB – Selesai
Lapangan Bawuran, Tegalrejo, Kalurahan Bawuran, Kapanewon Pleret, Kab. Bantul, DIY.

Sambutan :
B.M. Anggana (Direktur FKY 2024)
Dian Lakshmi Pratiwi, SS. M. A (Kepala Dinas Kebudayaan DIY)
Adi Bayu Kristanto, S. H., M. Hum (PJS Bupati Bantul)

Pengumuman Pemenang Kompetisi:
Mural dari Rakyat
Rakitswara
Gladhen Jemparingan

Penampil:
13:30 WIB : Pentas Kesenian Jathilan (Forum Komunikasi Jathilan Bantul)
15:00 WIB : Pentas Kesenian Reog Wayang (Sanggar Seni Cakra Krisna Manunggal)
15:50 WIB : Tari dan Gamelan Anak (Sanggar Seni Omah Cangkem)
16:35 WIB : Sendratari Prabawaning Prabasa Jenggala (Paguyuban Seniman Tari Bantul)
18:00 WIB : Sendratari “Bandung Bondowoso” (Sanggar Tari Puspowarno)
18:30 WIB : Musik Kontemporer (Plenthong Konslet)
19:30 WIB : Flashmob Jathilan Diponegaran (Dinas Kebudayaan Bantul X Forum Komunikasi
Jathilan Bantul)
19:50 WIB : Doa Bersama
19:55 WIB : Laporan Ketua FKY (B. M. Anggana)
20:30 WIB : Sambutan Kepala Dinas Kebudayaan DIY/Kundha Kabudayan (Ibu Dian Lakshmi
Pratiwi, S.S, M.A)
20:45 WIB : PJS Bupati Bantul (Bapak Adi Bayu Kristanto, S. H., M. Hum)
21:00 WIB : Fire Dance (Sanggar Flownesia)
21:15 WIB : TTM Akustik
22:00 WIB : Shaggydog

Narahubung Media:
Sarah Rayh | 0812 2595 5454
Bayu Kristiawan | 0815 6770 8182
Salsabila | 0812 6655 3686
media.fky@gmail.com

 

Radio terbaik Jogja. Radio yang paling hit di Jogja. Radio Favorit Jogja. Radio nomor satu di Jogja. Radio anak muda di Jogja. Radio top 40 Jogja.

Written by: Admin

Rate it

Previous post

Music

Jatuh Saat Konser, Olivia Rodrigo Tetap Tampil Profesional

Olivia Rodrigo terjatuh di lubang trapdoor di panggung saat tampil dalam konser Guts World Tour di Melbourne, Australia. Kejadian berlangsung saat Ia sedang menyapa penggemarnya. Ia berjalan ke arah kanan panggung dan meminta sautan suara penggemarnya.  Dilansir di CNN Indonesia, Olivia berjalan kembali ke arah tengah, namun sepertinya Ia lupa adanya trapdoor yang terbuka sehingga membuatnya terjatuh. Meskipun begitu, Ia mampu mengatasi kejadian tersebut dengan segera bangkit dan memastikan ke […]

todayOctober 17, 2024 1

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0%