News

PASKIBRAKA DI IKN LEPAS JILBAB JADI SOROTAN, BANYAK PIHAK BUKA SUARA

todayAugust 15, 2024 3

Background
share close

Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) buka pendapat setelah acara pengukuhan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024 tidak ada yang menggunakan jilbab. 

BPIP menyebutkan bahwa mereka telah menerbitkan aturan terkait pakaian Paskibraka dalam surat keputusan (SK) dan surat edaran (SE) BPIP. Dalam SE Nomor 128/PE.00.04/01/2024/Wk.BPIP yang dilihat di situs BPIP, Rabu (14/8/2024), tertuang aturan mengenai Pembentukan Paskibraka Tahun 2024. Mereka juga menyebutkan bahwa para calon anggota Paskibraka sebelumnya telah menandatangani surat persetujuan saat mendaftar, termasuk untuk mengikuti atribut seragam yang ditentukan. Mereka disebut lepas jilbab saat pengukuhan dan pengibaran bendera Merah Putih saat upacara 17 Agustus.

Dilansir dari Detik.com, selain BPIP, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah, M Cholil Nafis, ikut bersuara terkait dugaan pelarangan penggunaan jilbab bagi Paskibraka muslimah. Cholil menilai hal itu sebagai bentuk kebijakan yang tak Pancasilais. Ia jugamendesak larangan berjilbab bagi Paskibraka dicabut dan meminta kepada para Paskibraka muslimah pulang jika memang terdapat paksaan. 

Written by: Admin

Rate it

Previous post

News

Pawai Kebanggaan Atlet Olimpiade Indonesia di Jakarta

Para atlet peraih medali Olimpiade Paris 2024 disambut hangat oleh warga Jakarta pada Kamis pagi, 15 Agustus 2024. Mereka berdiri di atas bus tingkat dengan atap terbuka, melambaikan tangan kepada warga yang berkumpul di sepanjang jalan. Beberapa atlet dengan bangga mengenakan medali mereka, sementara yang lain memperlihatkan medali tersebut kepada warga yang menyapa. Mereka mengenakan seragam kontingen Indonesia, yaitu jaket putih dengan celana putih yang bermotif merah. Di antara para […]

todayAugust 15, 2024 3

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0%