EDUKASI

Taksi Terbang Akan Diuji Coba Sebelum Kemerdekaan RI 2024 di IKN

todaySeptember 21, 2023 1

Background
share close

Berdasarkan keterangan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), taksi terbang akan diuji coba di kepulauan Kalimantan Timur sebelum Indonesia menginjak usia 79 tahun. Teknologi transportasi canggih ini akan diterapkan di ibu kota baru Indonesia. “Untuk uji coba taksi terbang dilakukan sebelum HUT RI Ke-79 pada 17 Agustus 2024,” ujar Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi di Kompleks DPR RI, Jakarta, diberitakan Antara, Senin (18/90). Sebelumnya, OIKN menjelaskan taksi terbang dan mobil otonom akan diujicobakan di Nusantara pada tahun depan, namun belum bisa dipastikan jadwal pasti nya. Pernyataan baru ini berarti bahwa tes taksi terbang diperkirakan akan dimulai antara bulan Januari dan Agustus.  “Kita ini melakukan proof of concept yakni teknologi harus dibuktikan bahwa keandalan teknologi tersebut bagus,” ujar Ali. Ali juga menjelaskan bahwa IKN akan menggelar Intelligent Transport System “ITS”; untuk taksi terbang. Konsepnya, jelasnya, mobil listrik atau otonom membawa penumpang ke heliport taksi terbang. Cara kerja seperti ini disebut dengan menggunakan aplikasi meskipun tidak disebutkan namanya.

“IKN menerapkan ITS mulai dari kendaraan otonom, bus listrik dan seterusnya,” kata Ali.

Ali berharap sumber daya manusia Indonesia bisa menguasai teknologi itu dan perusahaan lokal yang diajak kerja sama dengan pengembang bisa meningkatkan kapasitasnya untuk penguasaan teknologi taksi terbang. “Menurut saya momentum ini hanya ada melalui pembangunan IKN, dan harus dimanfaatkan. Kita berharap ada teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk penciptaan, pengembangan, dan ada peningkatan kapasitas SDM Indonesia. Ini yang saya sebut sebagai nilai tambah,” kata Ali. Hyundai Motor Group, pengembang konsep Urban Air Mobility (UAM) atau dikenal dengan istilah mobil terbang atau taksi terbang, sudah menandatangani nota kesepahaman dengan OIKN untuk mengembangkan teknologi itu pada 2024. Perusahaan asal Korea Selatan itu juga pernah menyatakan taksi terbang bakal menghiasi langit Jakarta pada 2028.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20230919111215-603-1000814/taksi-terbang-diuji-coba-di-ikn-sebelum-hari-kemerdekaan-ri-2024 

 

 

Dengerin UNISI 104.5 FM di manapun, via www.UnisiFM.com.

Follow sosmed @UnisiFM.

Hubungi kami
WA 0817-234-1045.
Tlp 0274 540258.

Radio terbaik Jogja. Radio yang paling hit di Jogja. Radio Favorit Jogja. Radio nomor satu di Jogja. Radio anak muda di Jogja. Radio top 40 Jogja.

Written by: Admin

Rate it

Previous post

Uncategorized

Salah Satu Kafe di Jakarta Ini, Pekerjakan Para Lansia

Menjamurnya kedai kopi di Indonesia memaksa pemilik kedai memutar otak untuk memunculkan ide-ide menarik. Para pemilik kedai kopi berlomba-lomba menarik pengunjung dengan menciptakan konsep unik yang jarang ditemui di kedai kopi lain. Ide kreatif ini dimiliki sebuah kedai kopi di Jakarta. Dikutip dari laman Twitter @txtdrkuliner, ada sebuah kedai kopi di Jakarta yang mempekerjakan orang-orang lanjut usia. Lebih tepatnya di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, namanya Umaoma Café. Kafe ini memberikan […]

todaySeptember 20, 2023 1

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0%