News

Kereta Cepat “WOOSH” Sudah Dioperasikan Secara Umum

todayOctober 2, 2023 3

Background
share close

Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) mulai beroperasi usai diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). KCJB memiliki jalur sepanjang 142,3 km dengan 13 terowongan dan akan melayani empat stasiun, yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Jokowi menyebut, KCJB ini merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara dengan kecepatan 350 kilometer per jam. Uniknya, kereta cepat ini diberi nama Whoosh.

Jokowi menjelaskan, pemilihan nama Whoosh terinspirasi dari suara kereta tersebut. Selain itu, Whoosh merupakan singkatan dari Waktu, Hemat, Operasi, Optimal, dan Sistem Hebat. 

Adapun soal tarif, tarif kereta cepat berkisar di angka Rp 250-300 ribu. Namun, harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung akan bergantung pada jenis kelas yang akan terbagi menjadi tiga. Pertama, kelas VIP. Kedua, kelas 1. Ketiga, kelas 2.

1. Kelas VIP. Kelas ini terdiri dari 18 kursi dalam 1 gerbong kereta. Selain itu, kelas VIP memiliki pengaturan tempat duduk 1-2. Interior kategori kelas VIP dibuat khusus dari faux leather dengan motif bordir. Kelas ini memiliki fasilitas berupa WiFi, USB charger, display informasi perjalanan, dan bagasi penyimpanan barang.

2. Kelas 1. Kereta Cepat Jakarta Bandung terdiri dari 28 kursi dan memiliki pengaturan tempat duduk 2-2. Kursi pada first class, didesain dengan warna merah cerah dan bahan interior faux leather yang dilapisi motif batik Mega Mendung.

3. Kelas 2. Kelas ini memiliki 555 kursi dan pengaturan tempat duduk 3-2. Di Kelas 2 ini terdapat beberapa fasilitas penunjang, seperti WiFi, USB charger, display perjalanan, dan bagasi penumpang.

Lebih lanjut, PT KAI juga bakal membuat konsep kereta cepat dengan tujuan Surabaya. Namun, kata dia, masih sebatas mengonsep terlebih dahulu.

Sebagai informasi, proses uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah berlangsung sejak 16 September hingga 30 September 2023. Warga bisa menjajal kereta cepat ini secara gratis dengan mendaftar terlebih dahulu.

https://www.merdeka.com/peristiwa/mengenal-whoosh-kereta-cepat-pertama-di-asia-tenggara-yang-diresmikan-jokowi-30480-mvk.html

Dengerin UNISI 104.5 FM di manapun, via www.UnisiFM.com.

Follow sosmed @UnisiFM.

Hubungi kami
WA 0817-234-1045.
Tlp 0274 540258.

#Radio terbaik Jogja. #Radio yang paling hit di Jogja. #Radio Favorit Jogja. #Radio nomor satu di Jogja. #Radio anak muda di Jogja. #Radio top 40 Jogja.

Written by: Admin

Rate it

Previous post

Music

Putri Ariani Mendapatkan Posisi Keempat Pada America’s Got Talent 2023

Putri Ariani menyelesaikan kompetisi di America's Got Talent 2023 dengan posisi ke empat setelah hasil voting diumumkan oleh Terry Crews dalam result shows yang disiarkan Kamis (28/9) pagi waktu Indonesia. Pengumuman tersebut sempat membuat penonton AGT 2023 di lokasi mencemooh dengan booing. Sementara itu, Putri tak bisa menutup raut kekecewaannya saat diumumkan berakhir di posisi ke-empat. Meski begitu, capaian Putri Ariani adalah yang tertinggi oleh penampil Indonesia di ajang populer Amerika Serikat tersebut […]

todaySeptember 29, 2023

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0%