News

Bekasi Alami Krisis Air Bersih

todaySeptember 20, 2023 4

Background
share close

Sejumlah warga di Kota Bekasi terkena dampak krisis air bersih akibat pencemaran limbah Perusahaan Daerah Tirta Patriot (Perumda). Akibatnya, beberapa warga yang terkena dampak mengalami gatal-gatal. Salah satu warga Bekasi Utara, Kota Bekasi, Nur Hidayati mengatakan, sejak air PAM tercemar, seluruh badannya terasa gatal. Keadaan ini telah berlangsung selama dua minggu.

“Semenjak air PAM kotor, gatal-gatal udah dua minggu lebih dari yang pertama kena limbah (sumber air baku),” kata Nur, Selasa (19/9). Kondisi gatal-gatal yang dialami Nur semakin hari semakin memburuk, hingga dirinya terpaksa harus berobat. Terhitung hingga saat ini, dirinya sudah tiga kali berobat di tiga tempat yang berbeda.

“Akibat air kotor jadi gatel. Saya berobat beli obat ke apotek ga sembuh, terus berobat ke dokter biasa ga sembuh, akhirnya saya ke spesialis, karena satu badan (gatal-gatal),” jelasnya. Nur mengungkap, selama mengobati gatal-gatal yang dialaminya ia telah mengeluarkan biaya hingga Rp2 juta. Saat ini, dirinya juga masih harus kontrol terkait pemyakit yang dialaminya.

“(Total biaya pengobatan) hampir dua jutaan, tiga kali balik (ke dokter). Nanti kalau ini obatnya habis kontrol lagi, obatnya buat 10 hari,” ujarnya.

Dirinya mengakui, bahwa air PAM diwilayahnya memang seringkaliengalami gangguan. Namun, kali ini adalah yang terparah.

“Kalau dibilang kotor dan bau parahnya dari tanggal 13 (September 2023) itu ya, cuma sebelum-sebelumnya udh sering juga cuma ga sampai satu minggu gini,” ucapnya.  Adapun menurut Nur, kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk air PAM tiap bulannya itu juga tidak sedikit melainkan sampai ratusan ribu.

“Saya tuh kalau bayar (tagihan) bukannya Rp60 ribu, tapi bisa Rp160 sampai Rp200 ribu per bulan tapi malah dikasih air begini,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Patriot Bekasi, Ali Imam Faryadi mengakui bahwa sumber air baku Perumda Tirta Patriot tercemar dan membuat suplai air bersih terganggu.

 

Sumber: https://bekaci.suara.com/read/2023/09/19/170308/derita-warga-kota-bekasi-krisis-air-bersih-sebabkan-gatal-gatal-hingga-keluarkan-rp2-juta-untuk-berobat 

Written by: Admin

Rate it

Previous post

News

Pokemon Umumkan Akan Kolaborasi Dengan VAN GOGH Museum

Siapa yang tak kenal dengan salah satu franchise media video game keluaran Nintendo, khususnya Pokémon? Kali ini mereka bekerja sama dengan Museum Van Gogh di Amsterdam. Kolaborasi ini diumumkan melalui siaran video oleh Pokémon Company.   Video tersebut memperlihatkan Pikachu dan Eevee berlari melewati lanskap bunga matahari dan kincir angin, dua fitur yang biasa ditemukan dalam mahakarya Vincent van Gogh. Ada juga Sunflora, karakter Pokémon bermotif bunga matahari. Oleh karena […]

todaySeptember 15, 2023 2

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0%