News

Memperingati Maulid Nabi S.A.W 12 Rabi’ul Awal 1445 H, Inilah 3 Keutamaannya!

todaySeptember 27, 2023 3

Background
share close

Nabi Muhammad SAW merupakan anugerah terbesar Allah SWT bagi umat Islam. Kedatangan Rasulullah membawa ajaran Islam yang sempurna, yang dapat membimbing kita di jalan keselamatan. Oleh karena itu, merayakan Maulid Nabi SAW merupakan salah satu cara mengungkapkan kebahagiaan kita atas rahmat Allah SWT yang besar. Apalagi merayakan Maulid Nabi SAW merupakan salah satu bentuk rasa syukur umat atas kelahirannya. Mengungkapkan rasa syukur dapat diungkapkan dengan berbagai cara, seperti mengadakan upacara taklim, membaca Maulid Diba’i, bersedekah, berdoa, dan lain-lain. Untuk itu, menurut para ulama, merayakan Maulid Nabi memiliki beberapa fadhilah/keutamaan.

Pertama, orang-orang yang merayakan Maulid nantinya akan dikumpulkan bersama para syuhada dan orang-orang shaleh di akhirat. Penjelasan tersebut diberikan oleh Imam Yafi’i yang dikutip dalam buku I’anatut Thalibin juz III halaman 365, bahwa orang yang merayakan Maulid Nabi akan mendapat pahala yang besar, bahkan masuk surga.

Kedua, orang yang merayakan maulid Nabi akan kelak akan dianugerahkan surga dari Allah. Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Sirri al-Saqati bahwa orang yang menuju ke tempat untuk membaca Maulid Nabi Muhammad SAW, dengan niat ikhlas dan kecintaan semata pada Nabi Muhammad, maka ia telah menuju ke taman surga.

Ketiga, mendapat ampunan dari siksa kubur dan mati dalam keadaan beriman. Para ulama sepakat bahwa penderitaan Abu Lahab diringankan setiap hari Senin karena ia terbiasa bergembira atas kelahiran Nabi Muhammad SAW. Hal ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitabnya Sahih al-Bukhari. Dari riwayat Urwah bin Zubair, bahwa ketika Abu Lahab meninggal, salah satu anggota keluarganya mengunjunginya dalam mimpi dan menanyakan keadaannya. Abu Lahab menjawab: “Aku diringankan siksaku setiap hari Senin karena aku pernah membebaskan budak wanita bernama Tsuwaibah yang telah menyusui Nabi Muhammad SAW.”

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : https://islam.nu.or.id/tasawuf-akhlak/3-keutamaan-merayakan-maulid-nabi-2hI4x   

Dengerin UNISI 104.5 FM di manapun, via www.UnisiFM.com.

Follow sosmed @UnisiFM.

Hubungi kami
WA 0817-234-1045.
Tlp 0274 540258.

Radio terbaik Jogja. Radio yang paling hit di Jogja. Radio Favorit Jogja. Radio nomor satu di Jogja. Radio anak muda di Jogja. Radio top 40 Jogja.

Written by: Admin

Rate it

Previous post

News

Penyalahahgunaan Stiker WA, KOMINFO Buka Suara

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi membuka peluang stiker WhatsApp terjerat Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Budi tak menjelaskan aturan yang dilanggar dengan menjadikan wajah orang lain sebagai stiker. Namun, ia berkata hal itu bisa dipidana jika untuk tujuan negatif. Sebelumnya, akun TikTok @banghafidd menyebut aksi membuat stiker dari wajah orang lain bisa diganjar UU ITE. Dia merujuk Undang-Undang ITE pasal 32 ayat (1) dengan ancaman […]

todaySeptember 27, 2023 1

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0%