News

Penyalahahgunaan Stiker WA, KOMINFO Buka Suara

todaySeptember 27, 2023 1

Background
share close

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi membuka peluang stiker WhatsApp terjerat Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Budi tak menjelaskan aturan yang dilanggar dengan menjadikan wajah orang lain sebagai stiker. Namun, ia berkata hal itu bisa dipidana jika untuk tujuan negatif.

Sebelumnya, akun TikTok @banghafidd menyebut aksi membuat stiker dari wajah orang lain bisa diganjar UU ITE. Dia merujuk Undang-Undang ITE pasal 32 ayat (1) dengan ancaman hukuman pidana penjara delapan tahun atau denda maksimal Rp2 miliar.

Merespons hal ini, Direktur Eksekutif Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet) Damar Juniarto mengatakan kasus ini tergantung dari perbuatan jahatnya.

Damar menjelaskan Pasal 32 ayat (1) dalam UU ITE pada dasarnya tidak menyasar perbuatan seperti membuat stiker WhatsApp.

Aturan tersebut sebenarnya menyasar pada aktor/orang jahat yang mengubah informasi yang disimpan di server, dengan tujuan memanipulasinya semisal merusak data orang, mengganti nama orang dengan namanya sendiri, atau ganti nomor rekening.

Tujuannya adalah menguasai harta benda dan lainnya dalam konteks transaksi elektronik.

“Jadi sebenarnya kurang tepat kalau hanya karena tidak senang foto wajahnya dijadikan stiker WA, lalu melapor ke polisi pakai pasal 32 ayat 1 UU ITE. Agak melenceng dari maksud pasal itu sendiri yang dibuat untuk mencegah tindakan yang merugikan transaksi dan informasi digital,” tutur dia.

Jika pun seseorang tak berkenan fotonya dipakai jadi stiker WhatsApp, Damar menyebut ini bisa dilaporkan ke pihak kepolisian. Namun, katanya, perlu ada penjelasan lebih lanjut soal perbuatan apa yang dianggap pidana itu, apakah menghina, mencemarkan nama baik, atau memeras.

Dengerin UNISI 104.5 FM di manapun, via www.UnisiFM.com.

Follow sosmed @UnisiFM.

Hubungi kami
WA 0817-234-1045.
Tlp 0274 540258.

#Radio terbaik Jogja. #Radio yang paling hit di Jogja. #Radio Favorit Jogja. #Radio nomor satu di Jogja. #Radio anak muda di Jogja. #Radio top 40 Jogja.

Written by: Admin

Rate it

Previous post

News

Muhammad Sejahtera Raih Emas Dalam 2 Hari berturut-turut di asian games

Penembak Muhammad Sejahtera Dwi Putra kembali meraih medali emas dan menjadi runner-up tim Indonesia pada Asian Games 2022 di Hangzhou, China. Muhammad Sejahtera yang mengikuti lomba lari sasaran campuran 10m mencetak nilai tertinggi, 378 dari 11 bola. Tera, begitu ia biasa disapa, mengalahkan wakil Korea Utara, Kwangil Kwon, yang mencetak 377 poin dari 9 bola dan meraih medali perak, dan Youjin Jeong dari Korea Selatan dengan 377 poin dari 6 […]

todaySeptember 27, 2023 4

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0%