News

Kemarau Terik Suhu Panas Ekstrim Akan Jatuh Pada Bulan Oktober

todayOctober 5, 2023 4

Background
share close

Puncak musim panas dan kemarau di Indonesia dengan suhu sangat panas diperkirakan akan mencapai puncaknya pada Oktober 2023, kata Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Eddy Hermawan, pakar peneliti senior Pusat Penelitian Atmosfer dan Iklim BRIN, mengatakan meski kondisi musim kemarau normal terjadi pada Juni hingga Agustus, namun akibat pengaruh El Nino dan Indian Dipole Degree of Ocean (IOD), berpindah-pindah tempat. Oktober “Sekarang El Nino positif dan IOD juga positif, dan keduanya akan mencapai puncaknya sekitar Oktober 2023,” ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Selasa 3 Oktober 2023.

Dua fenomena fluktuasi suhu permukaan laut – El Nino di Samudera Pasifik dan IOD di Samudera Hindia Bagian Barat – memberikan dampak yang signifikan terhadap negara-negara yang terletak di Ekuador seperti Indonesia.

Beberapa wilayah di Indonesia diperkirakan akan mengalami panas ekstrem, antara lain Kota Surabaya dengan suhu udara maksimal 43 derajat Celcius, Kota Semarang diperkirakan mencapai 40 derajat Celcius, dan Jakarta dengan suhu udara maksimum 37 derajat Celcius di tengahnya. -ketentuan. -Oktober 2023. Eddy menjelaskan, seluruh uap air dan awan hujan tertarik ke utara dan barat karena pusat depresi berada di Samudera Pasifik dan Samudera Hindia bagian barat, tempat terjadinya El Niño dan IOD.

Kondisi ini membuat Indonesia yang berada di antara kedua fenomena tersebut mengalami musim kemarau yang cenderung berkepanjangan.

“Saya berharap Oktober 2023 menjadi akhir musim kemarau dan panas. El Nino dan IOD diperkirakan memasuki fase netral pada akhir Februari atau awal Maret 2024,” ujarnya. Lebih lanjut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan Cilacap merupakan wilayah yang saat ini mengalami kekeringan parah karena tidak turun hujan lebih dari 60 hari. Wilayah yang terdampak kekeringan parah di Cilacap antara lain Kecamatan Majenang, Wanareja, Cimanggu, Cipari, dan Karangpucung, sedangkan wilayah lainnya masuk kategori sedang hingga sangat panjang atau 11 hingga 60 hari tanpa hujan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: https://bola.okezone.com/read/2023/10/05/51/2895134/sejarah-fifa-resmi-umumkan-piala-dunia-2030-digelar-di-3-benua-dan-6-negara  

Dengerin UNISI 104.5 FM di manapun, via www.UnisiFM.com.

Follow sosmed @UnisiFM.

Hubungi kami
WA 0817-234-1045.
Tlp 0274 540258.

Radio terbaik Jogja. Radio yang paling hit di Jogja. Radio Favorit Jogja. Radio nomor satu di Jogja. Radio anak muda di Jogja. Radio top 40 Jogja.

Written by: Admin

Rate it

Previous post

World

FIFA Resmi Umumkan Piala Dunia 2030 Digelar di 3 Benua dan 6 Negara

FIFA secara resmi mengumumkan bahwa Piala Dunia 2030 akan berlangsung di tiga benua dan enam negara. Ini merupakan yang pertama dalam sejarah dan bertepatan dengan peringatan 100 tahun Piala Dunia. Sebagai informasi, Piala Dunia edisi pertama berlangsung di Uruguay pada tahun 1930. Oleh karena itu, negara tersebut akan kembali menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia 2030 bersama 5 negara lainnya. Selain Uruguay, negara Amerika Selatan yang dipilih menjadi tuan […]

todayOctober 5, 2023 1

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0%